contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Pemilukada Cianjur: Masa Kampanye Berlangsung Sepi

Atmosfir Pilkada Kurang Greget

kandidat-kandidat.com, Minggu 2 Januari 2011, 16:30 WIB



CIANJUR, bksOL - Atmosfir pemilihan umum kepala daerah Kabupaten Cianjur memasuki masa kampanye ternyata di luar dugaan. Awalnya banyak warga memperkirakan masa kampanye akan berlangsung semarak dengan berbagai kegiatan enam pasangan calon peserta pemilukada Kab. Cianjur. Namun kenyataan justru sebaliknya, tidak semeriah perkiraan. Selama sepekan kampanye berlangsung nuansa pemilukada terkesan melandai.


Kondisi tersebut tidak sedikit warga yang merasa heran dengan perkembangan pemilukada sejak memasuki masa kampanye. Sebab biasanya memasuki masa kampanye intensitas pemilukada meningkat, ramai, dan semarak. Apalagi sebulan sebelum kampanye berlangsung, intensitas pemilukada sudah mulai terasa termasuk semaraknya berbagai atribut yang dipasang ke enam pasangan peserta pemilukada. Namun kondisi sekarang justru sebaliknya, sejak hari pertama masa kampanye hingga tujuh hari sudah berjalan jauh berbeda. Wargapun seakan tidak merasakan lagi atmosfir pemilukada.

"Sekarang kan pemilukada ya, tapi kok aneh beda dari biasanya. Kalau pemilu pas waktu kampanye kan biasanya ramai, sekarang kok sepi ya, malah sebaliknya seperti tidak akan pemilukada," kata Arif saat berbincang bincang dengan dua temannya di kawasan Mangunsarkoro Kab. Cianjur, Minggu (2/1).

Pendapat sama diungkapkan Mamat, temannya Arif. Dia berpendapat kemungkinan suasana kampanye tidak terasa karena saat ini pasangan calon peserta pemilukada Cianjur mengisi jadwal kampanye dengan berbagai kegiatan kunjungan atau pertemuan terbatas, tidak dalam bentuk rapat umum. "Gak tau kenapa, padahal biasanya kan kampanye itu identik dengan keramaian, konvoi maupun kegiatan lain yang melibatkan massa dalam jumlah banyak. Sekarang beda, sudah seminggu kampanye tidak terlihat ada ramai ramai maupun iring iringan konvoi," ujarnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun menyebutkan hampir semua pasangan calon mengisi waktu kampanye dengan kampanye simpatik. Keenam pasangan calon, lebih dominan mengisi waktu kampanye dengan berbagai kegiatan seperti kunjungan, pertemuan terbatas dengan para tokoh masyarakat, bakti sosial, hingga mancing massal.

Dari enam pasangan calon, tercatat baru ada satu kali yang mengisi dengan kegiatan rapat umum yaitu pasangan Tjerdas (Tjetjep Muchtar Soleh - Suranto) pada awal kampanye Minggu 26 Desember 2010 di eks Lapangan Brimob depan Istana Presiden Cipanas Kab. Cianjur. Sedangkan kegiatan kampanye pasangan calon lain seperti Abadi (Ade Barkah Surahman - Kusnadi Sunjaya) memanfaatkan kampanye simpatik berkunjuk ke tiap daerah yang sudah disiapkan tim kampanye dan melakukan tatap muka dengan tokoh masyarakat setempat sambil melakukan sosialisasi program.

Demikian pula dengan pasangan Dangdan (Dadang Sufianto - RK Dadan), selain temu tokoh masyarakat melaksanakan pula kegiatan bakti sosial. Hal sama dilakukan tiga pasang calon lainnya Hidayah (Hidayat Atori - U. Suherlan), HM Sumitra (Hidayat Makbul - Sumitra), dan Maksad (Maskana Sumitra - Ade Sanoesi) mengisi jadwal kampanye dengan temu tokoh maupun kunjungan lainnya.[*]

Reportase: Das, Editor: DikRiz

Kandidat Calon Walikota Bekasi Heri Koswara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Kandidat Calon Walikota Bekasi, Heri Koswara