contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Taufik Kiemas Ketua MPR 2009-2014

JAKARTA--FPKS MPR menyatakan tidak mengajukan calon untuk pimpinan MPR. Sementara FPKB yang sebelumnya juga tak menyerahkan usulan calon ke setjen MPR seperti PKS, akhirnya menyatakan secara langsung dukungan kepada kubu Taufik Kiemas.


''Setelah melihat dinamika politik yang berkembang dan mendengar masukan semua kalangan, serta agar DPR, DPD, dan MPR bisa segera bekerja, maka PKS menyatakan tidak mengajukan calon,'' kata Sekretaris Fraksi PKS MPR Zulkieflimansyah dalam sidang oparipurnaketiga MPR, Sabtu (3/10) malam. Meski demikian, kata dia, PKS menghormati proses pemilihan yang berjalan.

Sementara FPKB, setelah cukup panjang 'curhat' tentang prinsip kebersamaan atas dasar kepecayaan akhirnya mendukung paket Taufik Kiemas. ''Atas dasar prinsip itu kami menyatakan mendukung paket yang didukung Partai Demokrat dan SBY,'' kata Sekretaris FPKB di DPR, Hanif Dhakiri. Dia menutup pendapat fraksi dengan mengutip slogan Mbah Surip, 'I Love You Full'.

Meski tak menyerahkan usulan kepada setjen DPR sebagaimana kesepakatan dalam rapat gabungan DPR dan DPD, kedua fraksi mendapat kesematan untuk menyatakan pendapatnya di sidang paripurna. ''Untuk tak mengurangu kebersamaan, kami merasa perlu memberi waktu kepada FPKB (dan FPKS),'' kata Ketua Sementara MPR, Marzuki Alie.

Sementara Kelompok DPD, selain tak menyerahkan usulan ke setjen MPR juga tak menyampaikan pendapat secara langsung di sidang paripurna hingga sidang paripurna ketiga usai. Bahkan wakil ketua sementara MPR dari DPD, Irman Gusman, pun tak hadir. Tapi, 25 dari 132 anggota DPD tetap hadir di sidang ini, tak seperti ancaman 'boikot' yang sempat disampaikan Wakil Ketua DPD Laode Ida.

Paket Taufik Aklamasi
Setelah pernyataan sikap dari sembilan fraksi representasi partai di DPR, Marzuki Alie mengatakan semua ketentuan tata tertib pemilihan oimoinan MPR sudah terprnuhi. Berdasarkan tata tertib yang merujuk pada UU 27/2009 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD, ujar Marzuki, jika hanya ada satu paket usulan maka otomatis paket tersebut ditetapkan sebagai 'paket' terpilih.

Karena itu, paket pimpinan MPR adalah Taufik Kiemas sebagai ketua. Wakil Ketua mPR akan diisi oleh Melani Leimina Suheli (FPD), Hajrianto Thohari (FPG), Lukman Hakim Syaifuddin (FPPP), dan Ahmad Farhan Hamid (DPD). Seusai penetapan ini, akan diambil sumpah pimpinan MPR yang dilakukan ketua MA Harifin Tumpa. Presiden SBY hadir dalam pengambilan sumpah ini. ann/kpo
 ---------------------------------------------------------------------------------

Taufiq Kiemas: Rapat Pemilihan Ketua MPR Sudah Kuorum
SUMPAH JABATAN. Ketua MPR 2009-2014, Taufik Kiemas bersama empat Wakil Ketua MPR Lukman Hakim Saefuddin, Hajriyanto Tohari, Melani Leimena Suharli dan Ahmad Farhan Hamid mengucapkan sumpah jabatan dipandu oleh Ketua MA Harifin A Tumpa, Sabtu malam.

Senin, 05 Oktober 2009 | 17:17 WIB
TEMPO Interaktif, Jakarta - Pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat Taufiq Kiemas menilai proses pemilihan ketua MPR Sabtu (3/10) pekan lalu telah sesuai prosedur.

"Semua sudah sesuai dengan aturan," kata Taufiq usai upacara peringatan hari jadi TNI ke-64 di Plaza Mabes TNI Cilangkap, Senin (5/10).

Ketidakhadiran sebagian besar anggota Dewan Perwakilan Daerah dalam sidang tersebut tidak menyebabkan sidang tidak kuorum. Walaupun hanya 25 orang anggota DPD yang hadir, itu telah mewakili keharusan keberadaan unsur DPD. "Kuorumnya bukan lagi kuorum DPD atau DPR, tapi kuorum MPR," ujar Taufiq.

Seperti diberitakan sebelumnya, DPD menyatakan keberatan atas proses pemilihan pimpinan MPR Sabtu malam lalu. Sidang tersebut tidak melibatkan sebagian besar angggota DPD yang pada saat bersamaan juga melakukan sidang yang dipimpin oleh ketuanya Irman Gusman.

Wakil Ketua Kelompok DPD di MPR, Dani Anwar, menyatakan kehadiran 25 anggota DPD dalam proses pemilihan juga karena kesalahan teknis. Mereka tidak tahu bahwa pada saat yang sama DPD menggelar rapar di Gedung Nusantara V DPD RI.

Menanggapi gejolak di DPD ini, Taufiq mengatakan dia telah bertemu Irman. Ketua DPD tersebut, kata Taufiq, berjanji menyelesaikan masalah itu. "Saya sudah ketemu Irman. Katanya mau diselesaikan," ujar Taufiq.

TITIS SETIANINGYAS

BIODATA
Taufiq Kiemas (lahir di Jakarta, 31 Desember 1942; umur 66 tahun) adalah politikus Indonesia yang menjabat Ketua MPR RI periode 2009–2014. Ia juga dikenal sebagai suami Presiden Indonesia ke-5, Megawati Soekarnoputri. Ia pernah menjadi anggota GMNI. Ia adalah anggota DPR periode 2009–2014 dari PDI-P untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat II.
Kandidat Calon Walikota Bekasi Heri Koswara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Kandidat Calon Walikota Bekasi, Heri Koswara