contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Warung Jawa Timur: Ayam Krengseng Sari Kurma

Ayam Kecap Jawa Timur Bumbu Sari Kurma


Bekasi, kelanakuliner.com

Menelusuri jalur Jalan Raya Harapan Baru I menuju perumahan Harapan Baru Regency, kita akan melalui sebuah jalan Kemiri Raya di perumahan Harapan Baru I tepat depan SMP N 13 Medan Satria. Kira-kira 15 meter dari jalan raya Harapan Baru depan SMP negeri itu, maka kita akan bisa menemui sebuah rumah makan yang menjual sajian unik dari daging ayam.





Sajian ayam Krengseng Sari Kurma ini memang sedikit aneh kedengarannya. Sajian yang cukup populer di Jawa Timur dengan nama Ayam Kecap khas Malang atau Ayam Krengseng ini diolah dengan tambahan Sari Kurma yang memperkaya citarasa dan khasiatnya buat kesehatan siapapun yang menkomsumsinya.



Bahkan informasi terakhir yang saya dapatkan adalah bahwa setiap masakannya yang berasa manis, pasti kandungan gulanya yang biasanya takarannya penuh, kini setengahnya diganti dengan Sari Kurma. Hal ini dilakukan oleh sang pemilik, Ibu Siti atas saran suaminya, pak Badri demi  nutrisi sajian yang mereka jual dan juga kesehatan para pelanggannya. Rupanya pelanggann pun merespon baik inovasi menu sehat setiap masakan manis olahan Warung Makan Jawa Timur ini.




Dengan adanya tambahan kurma di samping kecap Banggo sebagai bumbu utamanya, maka sensasi rasa manisnya lebih mantap dan lain daripada Ayam Krengseng yang biasanya ditemui di Jawa Timur. Di samping itu, khasiat dari Ayam Kecap khas Jawa Timur berbumbu Sari Kurma ini lebih banyak daripada olahan masakan ayam pada umumnya.


Setelah bertemu dengan sang pemilik, Ibu Siti Maesaroh yang kerap dipanggil Mama (si) Kembar ini menjelaskan, bahwa dalam sajian ayamnya sendiri yang berbumbu kecap sudah demikian dikenal dan juga telah diterima oleh lingkungan perumahan warga. Kalau sebelumnya ibu empat anak ini telah membuka usaha warung selama lebih dari 25 tahun, dimana ia bermain dari beragam jenis usaha mulai dari catering, nasi lauk rantangan dan nasi box, hingga kini.


Wanita kelahiran 40 tahun lalu ini juga menyatakan, bahwa warung makan Jawa Timur yang dikelolanya ini memang 5 tahun sebelumnya hanya menyajikan masakan khas Jawa Timur, itupun karena warungnya berlokasi tepat di pinggir jalan protokol. Tapi kini setelah menetap di komplek perumahan dengan mengontrak dari seorang kolega suaminya yang bekerja sebagai maintenance salah satu pabrik di dekat rumahnya ini, bu Siti lebih memilihi menu sajian rumahan dengan masakan tradisional yang diminati oleh para tetangganya, tanpa mengkhususkan pada menu daerah Jawa Timur. Namun begitu Siti, yang mempunyai 2 anak perempuan kembar ini, mengandalkan beberapa sajian unggulan, terutama sekali adalah Ayam Krengseng Sari Kurma, Ikan Tuna Bumbu Asam Padeh, Ayam Asam Padeh dimana dia lebih suka menyebutnya dengan Ayam Bumbu Rujak dan Ikan Tuna (atau Tongkol) Bumbu Rujak.


Untuk sajian khas Warung Makan Sederhana Jawa Timur Mama si Kembar ini, Ayam Krengseng Sari Kurma, saya mencobanya dan saya merasakan bumbunya begitu mirip dengan bumbu rendang Padang. Hanya saja dagingnya bukan daging sapi, tapi ayam. Masalah rasa kurmanya yang begitu kuat, saya sarankan Anda untuk mencobanya, apalagi khasiatnya yang mampu menyembuhkan beragam penyakit dan menurunkan tekanan darah tinggi. Belum lagi saya ditawari minum Teh Manis Sari Kurma, dan kebetulan sekali saya sedang sakit kepala karena kehujanan saat sebelum berkunjung ke warung makan sederhana yang mojok di jalan Kemiri Raya. Tak berlebihan bila saya menilai masakan ibu Siti memang bisa dijadikan sebagai makanan yang bukan saja menyehatkan tapi sekaligus menyembuhkan. Tidak berlebihan sepertinya, apalagi kalau Anda sudah mencobanya pasti setuju dengan pendapat saya. Sayang ada satu kekurangan dari warung makan ini, karena lokasinya berada di tengah komplek perumahan dan bukan di pinggir jalan, jadi kapasitas pengunjung paling banyak hanya sanggup menampung tak lebih dari 10 tamu. Namun begitu tampaknya pengunjung dari ibu-ibu rumah tangga atau para tetangganya menjadi pelanggan tetap warung makan Jawa Timur ini. Sementara tamu yang berkunjung makan kebanyakan adalah mitra kerja dari sang suami atau pemilik rumah. Sepertinya warung makan ini memang cukup enak untuk dijadikan tempat ketemu kolega walau dalam skala kecil dan pastinya nyaman makan siang atau malam di tempat kecil ini.


Menu Ayam Krengseng Sari Kurma atau Ayam Kecap khas Jawa Timur ini pun tidak terlalu mahal, cukup  seporsinya Rp. 9.000,- dan Anda bisa menikmatinya dengan setangkup nasi. Alangkah nikmatnya bila bisa juga dinikmati dengan teh hangat manis sari kurma. Sepertinya semua sajian di warung makan sederhana ini selalu disertai sari kurma. Tak heran, karena ibu Siti yang bersuamikan Badri (42) ini memang menjual jamu herbal khas dari Timur Tengah, Sari Kurma ini dengan merk Al-Jazeerah. Dijamin Anda setelah menikmati sajian bertaburan sari kurma, akan berkeringat dan segala hawa panas serta toksin keluar bersamaan dengan keringat deras yang keluar. Bukan saja manis nikmat kurmanya, tapi segar dan menyembuhkan. Berminat?


Bila Anda tertarik menikmati sajian khas Mama si Kembar di Warung Makan Jawa Timur ini, silakan hubungi langsung Ibu Siti di no telp (021) 261.961.50 atau langsung mengunjungi alamatnya di Jalan Kemiri Raya I. Perumahan Harapan Baru I Medan Satria (tepat 15 meter depan SMP Negeri 13).



Lalu menu apa saja yang biasa disajikan di Warung Makan Jawa Timur? Di samping adamenu unik harian yang selalu bergaanti-ganti setiap hari, Anda bisa datang untuk makan atau beli dibawa pulang menu umum yang biasanya disajikan seperti:

- Bandeng Presto (bisa antar pesan minimal 5 ptg @ Rp.9.000)

- Tuna Asam Pedas (bisa antar pesan minimal 5 ptg @ Rp.9.000)

- Ikan Salem Goreng

- Lele Goreng



- Sayur Nangka Sari Kurma

- Opor Tahu

- Urap Pecel

- Sambel Tumpang

- Tumis-tumisan (+ SariKurma)



- Ayam Krengseng Sari Kurma (antar pesan minimal 5 porsi@ Rp.9.000)

- Ayam Ungkeb

- Ayam Opor

- Ayam Bumbu Rujak Sari Kurma (antar pesan minimal 5 porsi@ Rp.9.000)



- Sate Ati Ampela



- Sayur Nangka Sari Kurma

- Sayur Sop

- Sayur Bening
- Sayur Asem

- Sop Daging & Rawon Sari Kurma (khusus antar pesan minimal 10 porsi)



- Perkedel Kentang

- Bakwan Jagung

- Tempe & Tahu Goreng



- Nasi Bungkus (minimal pesan antar 10 bungkus, di atas 50 order minimal 2 hr sebelumnya)



- Nasi Box (minimal pesan antar 10 bungkus, di atas 50 order minimal 2 hr sebelumnya)
- Tumpeng Syukuran (antar pesan khusus Jabodetabek)



Sidik Rizal-dobeldobel.com




Kandidat Calon Walikota Bekasi Heri Koswara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Kandidat Calon Walikota Bekasi, Heri Koswara