contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

My Kitchen "A LIONG" Khas Kalimantan Bekasi

Mie Ayam Khas Kalimantan di Atas Piring yang 100% Halal


Bekasi, kelanakuliner.com

Petualanganku kali ini kembali menjelajahi jalan Kartini, yang dikenal sebagai jalan teramai untuk wisata kuliner di Kota Bekasi, bahkan mungkin termasuk salah satu pusat kota Bekasi tertua.



Semenjak berdirinya kota Bekasi dari Kabupaten Bekasi yang kemudian memisahkan diri, maka jalan Kartini merupakan salah satu jalan yang paling sering dikunjungi oleh para pelancong dan warga kota Bekasi.





Buat para pelancong baik dari manca negara maupun lokal biasanya memilih jalan ini sebagai salah satu tujuan wisata apalagi di jalan ini ada beberapa hotel kelas melati yang masih nyaman dan sesuai dengan kebutuhan para pengelana. Belum lagi di jalan Kartini ini banyak sekali bertebaran jajanan rakyat yang begitu menggugah selera dan utamanaya bisa mengenyangkan siapa saja di samping nikmatnya tentu.



Cobalah Anda mengunjungi beberapa tempat baik itu warung maupun rumah makan sederhana yang ada di jalan Kartini Kota Bekasi itu, dan salah satu tempat yang bisa dijadikan favorit bagi Anda adalah  tempat yang menjajakan Mie Ayam Spesial di My Kitchen "A Liong". Rekomendasi saya ini berdasarkan hasil mencicipi mie ayam khas Kalimantan yang ada di sana. Di warung makan yang banyak sekali mendisplay bumbu-bumbu import dari negeri tirai bambu ini memang menyajikan menu masakan lainnya, namun saya mencoba satu masakan bakmi ayamnya yang memang menurut sang pengelola, bu Jeni, bahwa mie ayam mereka lah yang paling disukai para pelanggannya.



Rasa penasaran saya akhirnya tak bisa ditahan, sayapun meminta bu Jeni menyajikan Mie Ayam khas Kalimantannya yang dijamin halal karena menggunakan bahan-bahan halal seperti ayam. Itupun ayamnya yang disajikan cuma dagingnya saja tanpa kulit dan lemaknya, ujar Jeni kepada kelanakuliner.com. Saya pun tersenyum dan hanya satu dalam benak saya, bagaimana rasanya mie ayam spesial buatan olahan perempuan lajang dara yang berasal dari Kalimantan ini.



Hanya butuh waktu tak lebih dari 7 menit, bakmi ayam khas Aliong tersaji di muka saya. Uniknya adalah mie ayam disajikan di atas piring secara yamin, dan bukannya di dalam mangkuk. Ada beberapa helai taoge, dan saya diberitahu oleh Jeni bahwa itulah khasnya Kalimantan. Saya pun langsung menikmati menu itu hingga habis nyaris tak bersisa, bukan karena lapar, tapi memang rasanya yang berani dan lumayan lezat hingga suapan kuah terakhir, walau hanya bisa dinikmati dalam keadaan panas-panas.



Untuk rasanya, saya perkirakan ada sedikit bumbu masak Sasa (seperti pengakuan Jeni kepada saya) dan bumbu kecap asin importnya. Yang mengejutkan mie ayam nikmat plus taoge itu hanya dibandrol Rp 9.000,- dan bagi saya itu tidaklah mahal. Pas dengan rasa dan kualitas isinya. Ayamnya yang gurih dan tak berlemak, serta kuah yaminnya yang sesuai dengan selera bisa kita tuang bersama beberapa saos dan kecap tersedia di meja untuk ditambahkan.



Hal serupa dan sama nikmatnya ketika saya berkunjung ke My Kitchen Aliong yang ada di depan Sekolah Ananda, Durenjaya Bekasi Timur. Di rumah makan sederhana yang dikelola oleh sang kakak laki-laki Jeni, yang bernama Leonard Han, namun lebih akrab dipanggil Aliong. Jadi Anda tentunya sudah tahu kan dari mana nama rumah makan ini diambil? Aliong, lelaki kelahiran Pontianak, 1972 dari keluarga bermarga Han ini adalah anak ke dua dari 3 bersaudara dan bertindak sebagai koki sekaligus mengelola warung makannya bersama istri dan terkadang anaknya pun juga diajaknya. Aliong yang cukup kalem dan tak banyak bicara ini, menyajikan kwetiau spesial Aliong komplit kepada saya. Wah kalau begini, saya harus tetap obyektif memberikan penilaian, meskipun dia tak segan menyajikan beberapa menu masakan lainnya yang dijaminnya halal, karena hanya menggunakan daging ayam dan sapi serta seafood. Untuk kwetiaunya sendiri, terbuat dari tepung beras dan sedikit penyesuaian dengan rasa aslinya yang khas Kalimantan.



Aliong dan kakak sulungnya, Elizabeth Han berebut menjelaskan kepada kelanakuliner.com, "Kami berusaha menyesuaikan rasanya dengan lidah orang Bekasi dan Jakarta. Jadi rasa yang kami sajikan pada menu-menu kami ini lebih cenderung disesuaikan dengan masakan ala Jakarta dan Bekasi," ungkap Elizabeth. "Dan karena di lingkungan ini banyak warga yang juga tidak memakan B2 (sebutan untuk Babi, red), maka kami sama sekali tidak menggunakannya. Kami hanya menggunakan daging ayam, sapi dan seafood," imbuhnya lagi.



Sementara di sela kesibukannya melayani para pelanggan yang memang kebanyakan adalah orangtua siswa dari Sekolah Ananda yang tepat di depannya itu, Aliong menyempatkan berbicara dengan saya, dan ia juga menawarkan saya Ayam Asam Pedas ala Kalimantan, yang untuk rasanya saya nilai mirip seperti ayam goreng Asam Padeh ala Minang. Tak lupa kakak beradik Elizabeth dan Leonard menawarkan minuman khas olahan keluarga Han ini. Mulai dari Jus SonKid (jeruk khas Kalimantan) dan mnuman lainnya. Hmmm, bisa gendut neh!



Anda tergiur mencoba mie ayamnya yang memang halal dan bisa dikonsumsi siapa saja ini?

Silahkan kunjungi My Kitchen "A Liong" di:

Jl. RA. Kartini No. 48 (Sederet RS Islam bani Saleh)
buka dari jam 09.00 - 21.00 wib
Telp (021) 8811.401



Jl. Moh. Yamin No. 20 Bekasi (Seberang Sekolah "ANANDA")

buka dari jam 06.00 - 18.00 wib

Telp (021) 8822.673



Jl. Moh. Yamin No. 19 Bekasi "Toko MK" (Jual Makanan Khas Kalimantan)

06.00 - 18.00 wib

Telp (021) 92600.977



Daftar Menu Makanan yang disajikan di My Kitchen "A Liong"
MIE & BAKSO
- Mie Spesial "Aliong"
- Mie Ayam
- Mie Ayam Pangsit
- Mie Ayam Bakso Sapi/Ikan

- Mie Ayam Pangsit + Bakso

- Mie Ayam Bakso Gepeng



- Mie Gepeng Spesial Aliong

- Mie Gepeng Ayam

- Mie Gepeng Ayam Pangsit

- Mie Gepeng Ayam Bakso Sapi/Ikan

- Mie Gepeng Ayam Pangsit + Bakso

- Mie Gepeng Ayam Bakso Gepeng

- Mie Gepeng Udang





- Kwetiaw Spesial Aliong

- Kwetiaw Ayam

- Kwetiaw Ayam Pangsit

- Kwetiaw Ayam Bakso Sapi/Ikan

- Kwetiaw Ayam Pangsit + Bakso

- Kwetiaw Ayam Bakso Gepeng

- Kwetiaw Udang



- Bihun Spesial Aliong

- Bihun Ayam

- Bihun Ayam Pangsit

- Bihun Ayam Bakso Sapi/Ikan

- Bihun Ayam Pangsit + Bakso

- Bihun Ayam Bakso Gepeng

- Bihun Udang



- Bakso Bulat (isi 8 btr)

- Bakso Gepeng (isi 8 btr)

- Bakso Ikan Tenggiri (isi 8 btr)

- Bakso Tahu (1 ptg)

- Bakso Campur (Tahu+Gepeng+Bulat)

- Bakso Campur + Mie/Bihun/Kwetiaw



- Pangsit Udang (isi 8)

- Pangsit Ayam

- Pangsit Kuah

- Pangsit + Bakso Sapi/Ikan

- Pangsit Goreng

- Pangsit Goreng + Bakso



Aneka Mie Goreng dan Seafood



Menjual Aneka Macam Makanan & Minuman Khas Kalimantan, Susu Kacang dan Pisang Goreng Pontianak







Kandidat Calon Walikota Bekasi Heri Koswara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Kandidat Calon Walikota Bekasi, Heri Koswara