contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

MENANG KAMPANYE dengan JASA KONSULTAN

SUKSES MENANG PEMILU 2009 dengan JASA KONSULTAN
(dikutip dan disarikan dari Buku Panduan Sukses KAMPANYE PRESIDEN 2009 karya Yon Hotman, 1st Indonesia Member of AAPC (American Association of Political Consultant)



PENDAHULUAN

Tahun 2012 nanti, rakyat kembali akan memilih presiden baru secara langsung. Mereka akan menentukan sendiri siapa kandidat yang mereka anggap lebih cocok jadi presiden. Kandidat atau calon yang berhasil mengumpulkan suara terbanyak dialah Sang Presiden baru itu! Tak menjadi soal apakah kandidat itu seorang sipil atau militer, laki atau perempuan, orang Jawa atau Sumatra, pernah jadi presiden atau belum.

Buku ini dimaksudkan sebagai rujukan bagi mereka yang berminat dan merasa mampu menjadi presiden. Sebagian merupakan pengembangan insiprasi penulis selama menjadi partner kampanye indpenden dalam tim SBY sejak kurun waktu tahun 2002 hingga 2004, dengan harapan bermanfaat sebagai pembelajaran politik bagi para kandidat presiden maupun rakyat pemilih.


MENGAPA ANDA BISA
Model pemilihan presiden langsung (pilpres) memungkin siapapun, termasuk anda untuk maju dan menjadi presiden karena :

1. Rakyat Telah Kembali (People Are Back!)
Rakyat telah bebas dari sandera para pembajak demokrasi (wakil rakyat) yang selama ini mereka percaya untuk memilihkan presiden yang terbaik buat mereka.Kini mereka memutuskan sendiri siapa yang layak dan patut mereka pilih jadi presiden.

2. Kecanggihan Kampanye (Power of Campaign)
Strategi-taktik yang didukung teknologi modern serta Konsultan Kampanye yang profesional terbukti mampu membawa orang-orang biasa menduduki kursi kekuasaan. Sesuatu yang selama ini cuma khayalan saat ini justeru merupakan keniscayaan.

LOW COST PRESIDENT
Tahun 2009 nanti, semoga demikian seterusnya, akan semakin terbuka peluang bagi siapapun untuk maju dalam pemilihan presiden -- apalagi jika seorang kandidat diperbolehkan maju secara independen --, tidak melalui dukungan partai seperti sebelumnya. Dengan begitu, karena tak lagi harus “mengemis” dan atau “membeli” tiket partai, anggaran belanja politik sang kandidat akan bisa diperkecil
Tak perlu ada lagi dana-dana taktis, dana pembinaan serta aneka konsesi kesana kemari. Dengan begitu, sang kandidat terpilih juga akan terbebas dari hutang politik kepada partai atau para calo politik yang selama ini terbukti bikin ekonomi berbiaya tinggi. Hutang Sang Presiden cuma pada rakyat semata. Inilah yang disebut sebagai low cost president, presiden berbiaya rendah.

MENJEMPUT KEMENANGAN
Jika anda pernah maju dalam pemilihan presiden (pilpres) dan kalah, bukan berarti pemilih tidak menyukai anda selama-lamanya. Dalam waktu yang berjalan, para pemilih akan dengan sendirinya membanding-bandingkan antara diri anda sebagai pekalah dengan pemenang yang saat ini menjadi presiden. Apalagi ketika pemilih sedang dilanda rasa kecewa tak terperikan saat menjalani the years in living dangerous, hari-hari penuh bencana -- sementara sang presiden terpilih bisanya cuma instruksi-instruksi tanpa solusi -- sambil tawar menawar posisi, rakyat pasti akan kembali mengingat sosok anda sebagai sang alternatif.
Jika usia, enerji serta dukungan jaringan yang anda miliki masih memungkinkan, bersiaplah untuk kembali bertarung. Fight back, menjemput kemenangan !


MEMPERTAHANKAN KEMENANGAN
Meski anda saat ini menjabat posisi presiden tak ada jaminan. para pemilih akan tetap memberikan suaranya pada anda. Presiden Megawati praktis menguasai seluruh instrumen birokrasi ketika bertarung untuk menjadi presiden namun rontok oleh “people voters” dalam model pemilihan langsung pada pada tahun 2004 lalu. SBY semasih jadi Menko Polkam di bawah pemerintahan Megawati dengan tanpa harus merasa salah -- karena memang tak ada ketentuan yang mengatur -- sukses melakukan “soft-campaign” dengan memanfaatkan instrumen birokrasi menyongsong pemilihan langsung presiden.
Adakah SBY akan ditelikung oleh anak buahnya sendiri yang diam-diam melakukan hal yang sama seperti dilakukan SBY pada Megawati? Tentu SBY harus memperhitungkan hal-hal semacam ini. Melibatkan lagi birokrasi, meski tetap saja tak bisa dibuktikan secara faktual apalagi dijerat oleh ketentuan undang-undang pemilu, tentu lebih banyak mudarat ketimbang manfaatnya. SBY bisa menipu pemilih apalagi KPU tapi SBY takkan bisa menipu dirinya sendiri dan, terutama Tuhan. Jika SBY berniat maju lagi, inilah kesempatan baginya mempertahankan kekuasaan secara elegan melalui peran para profesional-independen di bidang kampanye politik.

MENGAPA HARUS KONSULTAN KAMPANYE?
Konsultan kampanye adalah pihak pertama yang anda butuhkan sebelum memutuskan maju ke pemilihan karena secara independen, mereka akan memberikan nasehat-nasehat profesional. Berbeda dengan nasehat-nasehat tradisional para Tim Sukses yang umumnya lebih banyak memberi anda “gula-gula” ketimbang kemungkinan pil pahit yang akan terjadi dalam pemilihan anda.
Jangan karena bisik-bisik “tetangga” yang umumnya manis-manis gula anda serta merta memutuskan untuk ikut maju dalam pemilihan. Bukan cuma akan kalah telak namun anda akan kehilangan nyaris semua yang anda miliki : uang, waktu bagi keluarga dan biasanya harga diri. Kata orang, makanya ngaca dong!
Konsultan Kampanye akan menjadi partner anda melakukan aneka prediksi dan kalkulasi sampai kemudian, anda merasa layak dan patut untuk maju bertarung. Jika pun kemudian ternyata anda kalah, karena anda telah melakukan ikhtiar yang maksimal, anda pasti akan lebih siap menghadapi sekaligus menjalani hari-hari kekalahan, the days of a loser.
Ambisi dan misi anda, satu hal. Namun prediksi dan kalkulasi hal yang wajib anda prioritaskan sebagai bagian dari langkah-langkah awal menuju pemilihan. Di sinilah peran Konsultan Kampanye Profesional mendampingi hari-hari anda menjejak langkah menuju kemenangan, road to victory.


PREDIKSI OBJEKTIF
Konsultan kampanye akan memberi anda gambaran riil objektif aneka situasi yang bakal anda hadapi. Prediksi peluang kalah menang sejak dini, kalkulasi anggaran biaya yang harus anda sediakan sekaligus potensi sumber-sumber dana dari sponsor pendukung kampanye anda.
Berbeda dengan tim sukses, Konsultan Kampanye berkewajiban melakukan eksplorasi objektif untuk memperoleh gambaran riil di lapangan. Bukan cuma atas dasar “rencana-rencana angin” dan laporan-laporan asal anda senang sebagaimana kegemaran tim sukses di sekitar anda, temuan-temuan paling pahit sekalipun akan dibeberkan kepada anda. Sesuatu yang sangat jarang dilakukan oleh tim sukses apalagi mereka yang tak punya nyali mengkritik anda.
Konsultan Kampanye akan menemukan fakta-fakta atas beberapa pertanyaan. Seberapa jauh anda dikenal publik? Publik yang mana? Bagaimana sesungguhnya sosok anda di mata publik? Siapa atau kelompok mana yang tak menyukai anda maju? Apa kelemahan-kelemahan yang anda miliki?
Pertanyaan-pertanyaan kunci di atas, sangat kecil kemungkinan menjadi bahan diskusi dengan tim sukses yang terlanjur menganggap anda sebagai senior mereka atau Boss yang sangat sempurna tanpa cacat. Para Konsultan Kampanye melakukan yang berbeda. Bagi mereka, tidak ada kamus menjilat, cari muka kasak-kusuk sambil tebar gosip sana sini. Sukses dan gagal anda merupakan taruhan kredibiltas mereka. Anda boleh berhenti menjadi kandidat tapi tidak bagi para Konsultan Kampanye. Dengan komitmen-profesionalismenya, mereka akan terus mencari kandidat-kandidat pemimpin alternatif agar bagi publik tersedia lebih banyak pilihan, give people more choices!

MERINGANKAN BEBAN
Konsultan Kampanye akan membebaskan anda dari pekerjaan-pekerjaan teknis dalam menjalani hari-hari. Konsultan kampanye akan mengorganisir tim anda untuk melakukan semuanya secara efisien dan efektif.
Konsultan Kampanye Profesional hanya akan memberi anda 2 (dua) tugas utama :
• Menemui para calon pemilih anda (meet the voters)
• Melakukan penggalangan dana (raising fund)

Pekerjaan-pekerjaan lain seluruhnya praktis akan ditangani Konsultan Kampanye anda. Menulis pidato hingga memilihkan berita-berita, cerita-cerita atau humor-humor yang bisa menghibur audiens adalah urusan Konsultan Kampanye. Demikian pula saran untuk warna-warni atau gaya busana serta atraksi penampilan anda di atas pangung, sudah termasuk menjadi kewajiban rutin Konsultan Kampanye.

MENGHINDARKAN PENYUSUPAN "INTEL" KKO
Konsultan Kampanye yang sudah anda ikat–kontrak hanya fokus enerji serta waktunya untuk anda semata. Berbeda dengan “Tim Sukses” yang mengaku sukarela membantu namun bisa setiap saat berada di pihak lawan anda. Ini disebut KKO (kanan kiri oke). Model-model orang semacam inilah yang sesungguhnya disebut penghianat (double-cross) yang potensial menjadi Brutus, para “pembunuh” yang berada di lingkungan dalam anda sendiri.
Pada saat anda sedang dihebohkankan oleh hiruk pikuk dukungan dari sana-sini, biasanya sulit bagi anda membedakan mana yang murni hadir untuk membantu dan mana yang justeru sedang dalam tugas memata-matai kubu anda.
Konsultan Kampanye independen akan melakukan proses verifikasi satu persatu terhadap mereka yang berusaha merapat ke dalam tim anda. Sejarah, latar belakang dan aktifitas serta relasi mereka dengan pihak ketiga akan secara mudah diperoleh para Konsultan Kampanye.
Di Indonesia, dalam praktek yang sudah terjadi sebelumnya, aktifitas kelompok KKO ini sangat merajalela. Bagi mereka, siapapun kelak pemenangnya mereka kan tetap memperoleh keuntungan. Di sisi lain, tak ada kewajiban bagi para kandidat yang akan maju dalam pemilihan untuk mengumumkan siapa tim yang aktif bersama mereka dan siapa Konsultan Kampanye yang mereka ajak serta membantu. Praktek semacam ini sangat tidak sehat untuk pertumbuhankarakter demokrasi. Dibutuhkan jiwa besar untuk menyatakan dukungan dan atau penolakan dukungan atas diri kandidat yang sedang bertarung. Disinilah kehadiran Konsultan Kampanye menjadi sangat strategis.


TRANSPARAN MEMETAKAN LAWAN

Konsultan Kampanye membantu pemetaan terhadap kandidat terlemah dan terkuat yang bakal menjadi penantang anda.Profesionalisme Konsultan Kampanye tak akan membuat yang penting asal anda happy.
Konsultan Kampanye, karena profesionalisme tak sedikitpun merasa ada beban sama sekali untuk melakukan bedah total terhadap seluruh anatomi kekuatan dan kelemahan bakal lawan anda.
Seluruh data, fakta dan kecenderungan para kompetitor anda akan menjadi target utama para Konsultan Kampanye. Mereka tak akan membiarkan sedikitpun ada “kisah” yang lolos dari pengamatannya karena hal-hal tersebut akan bermanfaat tatkala anda maju dengan amunisi negative campaign. Bahkan jika diperlukan, umumnya para Konsultan Kampanye memiliki koleksi data-fakta hitam untuk menyerang lawan anda dalam model, black campaign.

1. Bagaimana profil dan kiprah bakal lawan anda?
2. Apa saja aktifitas “ganjilnya” di luar rutinitas formal kesehariannya?
3. Siapa kelompok pendukung dan cukong yang membiayai kampanyenya?

Dan akan ada banyak pertanyaan lain yang bisa ditemukan jawabnnya oleh Konsultan Kampanye anda.

TAK BAKAL MEREPOTKAN
Konsultan Kampanye yang sudah anda bayar jasa-jasa profesionalnya, tidak perlu lagi merepotkan anda saat pembagian “kue” kekuasaan tatkala kemenangan anda raih. Demikian pula saat anda kalah, Konsultan Kampanye akan membantu anda untuk merencanakan kekalahan (loosing plan) misalnya: mempersiapkan tarung ulang (fight back) atau merencanakan karir anda selanjutnya.
Pasca Kemenangan, biasanya pemenang cepat lupa pada orang-orang yang awalnya ikut serta bahu-membahu mengantarnya pada kemenangan itu. Dalam model pemilihan one man one vote, sebaiknya ini jangan terjadi sebab meraka yang merasa tidak terakomodasi akan mudah pindah ke kubu lawan pada kampanye berikutnya. Anda harus merawatnya dengan baik. Di sisi lain, anda sering pula direpotkan oleh mereka yang mengaku berjuang mati-matian membela anda dalam pemilu. Mereka biasanya meminta balas jasa dalam berbagai bentuk yang kadang anda tak mampu meng-akomodasikan-nya. Di sini pun anda akan menghadapi dilema karena sudah pasti tak akan mampu memuaskan semua hasrat orang apalagi yang ternyata cuma ngaku-ngaku membantu.
Berbeda halnya dengan Konsultan Kampanye, hubungan profesional anda akan selesai menyusul berakhirnya kampanye dan pemilihan. Jika anda merasa tetap perlu menjaga hubungan, tentu hubungan personal tak salah bila dilanjutkan dengan masing-masing pihak tetap menjaga eksistensi dan privasi. Pun jika anda merasa pernah berjanji melengkapi biaya yang pernah diajukan Konsultan Kampanye anda dan mungkin terlupa menunaikannya, anda tak perlu merasa bersalah. Cukup lunasi janji-janji itu, toch anda kini sukses menjadi pemenang. Sesederhana itulah hubungan profesional dengan Konsultan Kampanye. Mereka akan terus melanjutkan hidup dalam pencarian kandidat-kandidat terbaik bagi negeri ini, bisa anda lagi bisa juga orang lain. Don’t worry be happy! This is democracy…


TEGAS MEMBERI OPINI BANDING
Saat anda memperoleh informasi dari berbagai sumber tentang suatu isu yang hangat berkembang, Konsultan Kampanye akan menjadi pembanding yang dapat diandalkan. Dengan pengalaman, database serta jaringan yang dimilikinya mereka akan segera memberikan opini banding (second opinion) objektif, lugas dan tegas. Ini agar anda tidak serta merta masuk dalam perangkap tipu daya orang lain.
Seringkali sebuah informasi lalu lalang tanpa bisa dihadang. Di antaranya bisa merupakan pendapat atau berita tentang diri anda serta keluarga maupun perihal lawan-lawan anda. Sebelum anda memutuskan sikap atau memberikan komentar atas informasi yang beredar kencang itu, anda dianjurkan berbicara dengan Konsultan Kampanye yang akan memberikan opini bandingnya agar anda tidak ketinggalan kereta atau mengalami salah ucap atas informasi tersebut.
Demikian pula jika anda ingin melakukan sesuatu yang menurut anda diperlukan dalam kampanye, sebaiknya anda menemui Konsultan Kampanye anda. Bisa jadi yang anda maksudkan baik namun anda tak punya pengetahuan tentang cara-cara menerapkannya di lapangan. Daripada menjadi kontra-produktif atau back-fire, anda lebih baik mendiskusikannya dengan Konsultan Kampanye yang toch sudah anda sewa untuk kepentingan itu.

MEMBEDAKAN CAMPAIGNER DAN POLLSTER
Konsultan kampanye berbeda dengan Pollster (lembaga yang melakukan polling, jajak pendapat). Seorang Pollster tidak merangkap sebagai Campaigner (juru kampanye) karena target, proses maupun hasil polling akan rentan mengalami penyimpangan. Seorang konsultan kampanye profesional akan menganjurkan anda untuk menggunakan pollster murni non-partisan yang akan menyajikan temuan-temuan data dan fakta paling pahit namun valid. Bukan data atau temuan-temua rekayasa yang membuat anda tergoda untuk kemudian menjadikan Pollster sebagai Campaigner anda.
Pengalaman baru menyusul datangnya demokrasi model baru, melahirkan banyak konsultan termasuk konsultan yang menawarkan jasa jajak pendapat (polling). Menggunakan jasa para penjajak-pendapat (pollster) sangatlah dianjurkan sebagai bagian dari persiapan menyongsong pemilihan.
Jika anda dari golongan yang independen, akan sangat riskan bila menggunakan jasa Pollster yang telah mengikat kontrak dengan partai politik tertentu. Demikian pula jika partai anda ternyata berbeda dengan partai yang mengikat kontrak dengan Pollster tersebut. Proses apalagi hasil polling akan potensial tidak objektif karena posisi Pollster yang demikian itu. Sampai sejauh ini, Polling-polling yang dilakukan oleh CESDA-LP3ES, sebuah lembaga yang reputasinya tak lagi bisa diragukan, sangat akurat karena lembaga atau orang-orang di belakangnya sama sekali tak terkait dengan kelompok kepentingan tertentu. Konsultan Kampanye profesional-Independen biasanya menganjurkan anda menggunakan jasa mereka.

PENYUMBANG BUKAN PENDULANG
Konsultan Kampanye akan menjadi partner anda dalam rekrutmen anggota tim yang masing-masing punya kualifikasi tertentu. Dengan demikian, pembagian tugas tidak akan tumpang tindih. Juga dimaksudkan agar dalam tim anda lebih banyak yang “menyumbang” daripada yang mendulang bagi kepentingan pribadi atau kelompoknya.
Dalam praktek kerap ditemukan orang-orang yang sama sekali tidak jelas sumbangannya pada tim pemenangan kampanye. Jangankan ide, merespon dinamika yang berkembang pun mereka tak punya kapasitas. Orang-orang semacam ini bukannya tak berguna namun perlu alokasi yang lebih proporsional. Konsultan Kampanye akan menyarankan anda agar membentuk circle 1, 2, 3 dst. Di samping tidak menghadirkan orang-orang baru dalam setiap kali pertemuan karena hanya akan menggangu atmosfir yang sudah tercipta sebelumnya.

Ironisnya orang-orang semacam ini akan sangat bergairah tatkala ada hajatan yang ada unsur proyeknya. Biasanya mereka akan menyelam sambil minum air bahkan ada yang menggunting dalam lipatan saat donatur menyumbang mereka memotong di tengah jalan. Konsultan Kampanye akan membantu anda membuat kategorisasi atas orang-orang semacam ini. Demikian pula mobilisasi mereka yang potensial melakukan fund-raising bagi kepentingan anda karena mereka memiliki jaringan sampai ke sumber-sumber pendanaan kampanye.

TEKNOLOGI KOMUNIKASI
Konsultan Kampanye yang kreatif akan menyarankan sekaligus merancang pemanfaatan berbagai produk teknologi sebagai penyampai pesan kemenangan (winning message). Dengan semakin massalnya penggunaan aneka tekonologi, anda bisa dengan mudah melakukan Voter-Contact, Online-Fundraiser dan yang semacamnya menyampaikan pesan secara langsung kepada para pemilihnya maupun dalam penggalangan dana.

Pemanfaatan teknologi komunikasi modern dalam kampanye langsung merupakan keniscayaan yang tak terhindarkan. Mulai dari ribuan pesan singkat yang bisa dikirim pada saat yang bersamaan via sms-provider, pemasangan website pribadi, voter contact, mobile-ad, neon-sign, running text hingga online-fundraising yakni mobilisasi dana melalui jalur internet.

Konsultan Kampanye akan memberi anda saran-saran pemanfaatan optimal berbagai produk teknologi komunikasi modern dalam kampanye. Sistem data analisa juga bisa diprogram untuk menjadi masukan dalam berbagai diskusi pengambilan keputusan agar setiap anda bicara selalu didukung oleh data-data komprehensif dan aktual.


AGENDA ACARA
Konsultan kampanye akan mempermudah perancangan jadwal maupun agenda kegiatan di berbagai momen. Agar anda tidak mudah terjebak bikin janji semudah orang menganggap anda hobi mengingkarinya.

Seringkali terjadi, para jurnalis mengeluh kecewa karena tanpa diduga anda tak muncul dalam acara yang mencantumkan kehadiran anda. Hal yang sama juga terjadi pada sosok individu, kelompok maupun lembaga yang merasa anda ingkar janji.

Di sisi lain, bisa jadi anda sama sekali tak mengetahui siapa yang membuat janji itu sehingga benturan dengan janji yang anda buat sendiri sebelumnya.

Konsultan Kampanye akan membantu ada mengorganisir jadwal maupun agenda acara untuk anda agar semua bisa dilakoni dengan baik tanpa membuat orang kecewa. Biasanya Konsultan Kampanye menyarankan perlunya seorang Sekretaris Kampanye yang mengatur mulai dari surat/undangan, proposal keluar-masuk, tiket pesawat, transportasi darat-laut, akomodasi, rangkaian program dll. Dengan begitu, sebagai seorang pemimpin besar anda tak perlu mengurus printil-printil semacam itu apalagi sempat bikin anda stress…


KONTEKS & UPDATING ISU (PEMBARUAN POKOK MASALAH)
Konsultan Kampanye membantu anda melakukan riset, analisis dan dokumentasi terhadap isu-isu umum maupun spesifik yang terjadi di masyarakat. Terutama isu-isu yang sedang aktual dibicarakan publik.

Jika anda merencanakan bicara di suatu kelompok tertentu atau di daerah tertentu, Konsultan Kampanye akan menyiapkan materi-materi yang konteks dengan situasi tersebut. Di samping, tentu saja yang sedang hangat dibicarakan oleh masyarakat.

Kerap terjadi seorang kandidat bicara demokrasi dan ekonomi makro di sebuah pedalaman yang banyak penduduknya kelaparan akibat deraan bencana yang datang silih berganti. Mereka butuh nasi bukan demokrasi apalagi ekonomi makro, angka-angka pertumbuhan, nilai ekspor-impor dll.

Konsultan Kampanye akan mengerjakan semuanya untuk anda agar performa anda sesempurna yang diharapkan. Dengan cara itulah, citra anda terbangun secara utuh dan jangka panjang hingga mereka memasuki bilik-bilik suara.

SLOGAN/MOTTO KAMPANYE
Konsultan Kampanye akan membantu anda merancang
slogan atau motto dalam kampanye anda :

• Mudah diingat, dimengerti dan diucapkan
• Singkat dan indah didengar
• Tak punya konotasi negatif atau tafsir ganda
• Tak menyinggung SARA
• Terkait dengan aspirasi publik
• Selalu tercantum dalam semua materi kampanye

MEMPRODUKSI MATERIAL KAMPANYE
Konsultan Kampanye membantu anda mempersiapkan aneka perangkat kampanye (campaign materials) seperti poster, spanduk, cinderamata, campaign card, website, news letter dll.

ITEM-ITEM KAMPANYE
Balloons
Brochures
Bumper Stickers
Business Cards
Buttons
Stadium Cups
Door hangers
Envelopes
Envelopes
Contributor - Volunteer
Fans (hand held)
Flyers
Invitations
Label Stickers
Letterhead
Litterbags
Magnetic Business Cards
Palm Cards
Palm Cards Full Color
Postcards GOTV
Pencils
Pens
Sample Ballots
T-Shirts
(Tambahan yang menggunakan pihak ketiga)
Comic Strips (Buku komik) – dilakukan di AS antara Barrack Obama vs McCain
Bulletin/Tabloid/Majalah/Booklet pribadi
Biography Book atau Autobiography


SIGNS KAMPANYE
Banners
Double Sided
Fold Over Posters
Large Signs 4' x 8'
Magnetic Car Signs
Poly SleeveScreen printed


HANDBOOK KAMPANYE
Organizing
Volunteers
Political Fund Raising
Special Packages
Special EventsGet Out The Vote
Direct Mail
Election Polls

Saat Amien Rais “lempar handuk” dan ajak serta angkatan tua untuk ikhlas memberi jalan bagi anak muda, itulah sesungguhnya momen menjemput revolusi. Dari orang tua ke anak muda…


Sejatinya politik adalah seni segala kemungkinan. Hasil daya kreatif tingkat tinggi yang nuansanya seindah pelangi. Bukan hitam putih. Pelangi nan indah tak akan tertutup kabut jika para politisi lebih mengedepankan nurani ketimbang ambisi.

Kecepatan berbicara para politisi-instan 2 kali lebih cepat dari kecepatan suara. Belum sempat kepikir, kata demi kata sudah berhamburan keluar dari mulutnya. Karena itu politis model ini sangat prok-aktif menciptakan musuh yang tak perlu.

Power Play kini telah terperangkap semata hanya pada Game Power klasik murahan. Ini permainan kekuasaan The Brutus, manipulatif, full-intrick, sarat fitnah, tumpah tindih puji & caci maki yang kerap terbungkus senyum, salam cium dan pelukan palsu yang memuakkan.Tak ada lagi yang gratis dalam politik meski untuk rakyat sendiri.

For the special people there is only two choices: Being or Making. If you feel truly better than others you are Being. But if you feel that others better you are making. Our main problem; Cutting the rising-stars and Cheating The Makers… that’s why we never had genuine leaders neither the Strong King/Queen Makers


PARTNER LOKAL
Anda dianjurkan menggunakan konsultan kampanye lokal terbukti berpengalaman khusus di bidang ini dan paham cetak-biru serta dinamika perpolitikan di negeri ini. Informasinya bisa anda peroleh dari berbagai sumber , terutama mass media nasional yang berpengaruh semacam Kompas atau majalah Tempo. Bukan dari cerita apalagi gosip-gosip jalanan karena beda misi sudah tentu beda persepsi. Di samping itu, Konsultan Kampanye asing tak bisa dijamin “keamanannya” karena tak seorangpun ada yang secara pasti mengatakan bahwa mereka steril dari kepentingan pemerintah atau sekelompok orang dari negara tertentu.


TIPS PENJAJAKAN
Water Test
• Kelompok publik mana yang paling mengenal anda?
• Bagaimana sosok anda di mata publik?

Supporter
• Siapa atau kelompok mana saja yang menjadi pendukung terkuat anda?
• Mengapa mereka mendukung/memilih anda?

Opposer
• Siapa-siapa atau kelompok mana saja yang bakal menentang langkah anda?
• Mengapa mereka menentang anda?

Contender
• Siapa atau kelompok mana saja yang akan menjadi penantang anda? Sponsor
• Siapa atau kelompok mana saja yang potensial menjadi sponsor kampanye anda?
• Apa yang diharapkan para sponsor sebagai imbal-balik (payback)?

Issues & Hobbies
• Apa saja yang menjadi isu hangat di kalangan publik saat ini?
• Kegiatan-kegiatan apa saja yang dilakukan publik di saat senggang mereka?

Hateful & Aspirations
• Sikap/perilaku/perkataan/kebijakan apa saja yang membangkitkan rasa benci publik di daerah itu?

Main Expectation
• Apa yang paling diinginkan publik saat itu dan kelak jika anda terpilih nanti?


POLITICAL MAPPING
• Bagaimana profil & story tokoh yang bekuasa saat ini/kandidat penantang anda?
• Siapa kelompok/tokoh berwibawa yang berada di belakang mereka?
• Mengapa mereka bisa menang/kalah pada pemilu lalu?
• Partai politik mana saja yang punya kekuatan riil dan mengapa mereka kuat?
• Siapa tokoh informal yang masih berpengaruh di daerah itu?
• Organisasi manasa saja yang berpengaruh di sana?
• Media massa apa saja yang paling di dengar, dibaca dan dilihat publik di sana?
• Siapa para pemilik modal di media-media tersebut, siapa penggelola dan para wartawan yang terkait dengan kandidat anda?


ANDA MEMILIKI PENCITRAAN BERIKUT INI :
• Pintar namun tak cerdas
• Tak piawai meng-orkestrasi potensi & legitimasi
• Peragu dan tak tegas
• Kerap janji jarang bukti
• Instruksi-intruksi tanpa aksi & sanksi
• Anti kritik doyan pujian
• Phobia unjuk rasa karena terbiasa upacara
• Wira wiri ke luar negeri saat tsunami (musibah/bencana alam) silih berganti
• Pidato makro ekonomi saat rakyat lapar butuh nasi
• Hobi meetang-meeting hasil nothing
• Lebih suka bicara ketimbang mendengar
• Rajin bayar konsensi pada cukong dan elite koalisi hingga ekonomi biaya tinggi
• Nikmati kecemasan orang lain dalam penantian
• Lebih memilih tawar menawar posisi ketimbang kehilangan kursi
• Merasa terancam secara psikologis jika ada orang yang lebih cerdas
• Cepat lupa pada orang berjasa ketika hajat mendesak anda sudah terpenuhi
• Bagi-bagi kursi untuk famili
• Menggunakan fasilitas birokrasi pemerintah untuk penggalangan kampanye pribadi
• Menjadikan karyawan di pemerintahan sebagai tim kampanye
• Menggunakan waktu dan enerji birokrat yang mestinya untuk pelayanan publik menjadi pelayan kepentingan pribadi anda
• Melibatkan pejabat militer yang sedang aktif sebagai tim kampanye
• Tak ada grand design tentang bagaimana sesungguhnya strategi dan taktik untuk menang
• Tidak ada plannning tentang kapan eksekusi grand design tersebut, siapa eksekutor, bagaiman evaluasi dan sanksi jika terjadi kekeliruan.
• Struktur organisasi dibikin hanya untuk asesori karena anda sendiri dan keluarga serta staf pribadi yang mengatur semuanya
• Pendelegasian kerja sering tumpang tindih antar satu tim dengan tim lainnya
• Sering-sering berbohong pada media
• Muncul selalu dalam gaya orang lain bukan diri anda sebenarnya
• Selalu serius dan tak pernah sekalipun humor saat bicara di depan media
• Tak perlu menjawab apa yang ditanya media tapi bicaralah yang anda mau
• Berulang-ulang Utarakan kebanggaan anda atas prestasi-prestasi yang sudah anda buat agar orang menjadi muak karenanya
• Katakan bahwa anda keluaga yang paling bahagia dibanding lawan anda
• Tak memiliki data base lengkap nama-nama mass media cetak maupun elektronik di daerah maupun di pusat.
• Tak ada pemetaan tentang siapa pemilik, pengelola dan para wartawan mass media
• Tak ada anggota tim yang masing-masing bertanggungjawab terhadap setiap mass media


MOMENTUM
• Berkampanye di saat rakyat sedang berduka didera bencana demi bencana
• Berkampanye tatkala ummat beragama sedang khusyuk menjalankan ibadah

CONFIDENT
Anda memperlihatkan rasa tak percaya diri bahwa anda akan menang

COALITION
Kampanye anda tak melibatkan tokoh-tokoh lainyang punya reputasi di masyarakat
Anda menutup diri berkoalisi dengan partaiatau kelompok masyarakat lain

CONTRAST
Saya dan cara anda bicara tak berbeda dengan lawan anda
Materi, tema atau isu yang and angkat dalam kampanye tak menarik
Problem dan solusi yang anda tawarkan tak berbeda dengan lawan anda
Penampilan anda biasa-biasa saja tak membuat orang terpana
Anda tak punya warna khas istimewa yang jadi ciri khas atau merek anda
Sajian atau atraksi di panggung kampanye anda membosankan

CAPITAL
Anda tak punya dana cukup untuk kampanye dan tak paham mobilisasi pengumpulan dana kampanye
Anda menggunakan dana para konglomerat hitam dalam kampanye
Anda menggunakan dana hasil korupsi


PEMBACA BUKU INI
1. Presiden
2. Para Penantang Presiden
3. Para Sponsor & Tim Sukses
5. Konsultan Kampanye
6. Minat Jadi Presiden
7. Maksud Bikin Presiden
6. Niat Bikin Konsultan Kampanye



Yon Hotman
  1. 2005 Free Volunteer di kantor pusat kampanye Michael Bloomberg, Manhhatan New York untuk 2nd Term Bloomberg for NYC Major.
  2. 2002-2004 professional Campaign Partner SBY untuk pemilihan Presiden dengan mendirikan serta mengelola Blora Center sebagai salah satu simpul kampanye Yudhoyono.
  3. 2000 Indpendent Observer pada Exploratory Committee of Hillary Rodham Clinton for New2000 New York Senator, di New York City dan Washington DC.
  4. 1988 Kepala Biro Harian Neraca untuk Sumut&Aceh
  5. 1985-1987 Reporter untuk Kantor Berita LKBN Antara Biro Medan-Sumut
  6. Memberships
  7. 1983 HMI - Moslem Student Association
  8. 1987 HIPMI – Young Indonesian Entrepreneur Association & JCI – Junior Chamber International Jakarta
  9. Training 2000 CAMPAIGN&ELECTION TRAINING SEMINAR By C&E Magazine, Washington DC,USA.
  10. 2003 WINNING CAMPAIGN By Allan Locke Associate, Chicago, USA.
  11. 2005 AAPC Annually Conference in Napa Valley California
  12. 2005 AAPC – American Association of Political Consultant (Washington DC) & Rotary International Jakarta

Nara Hubung, Pelanjut Mendiang Yon Hotman
Dik Rizal / Aris Margiantoro: 081283745354
Kandidat Calon Walikota Bekasi Heri Koswara

Post a Comment

Silakan beri komentar yang baik dan sopan

Lebih baru Lebih lama
Kandidat Calon Walikota Bekasi, Heri Koswara