contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Calon Bupati Bekasi Faizal Hafan Farid

Faizal Hafan Farid Dorong Pemda Menciptakan Ketersediaan Pangan Lokal, Ini Alasannya

bekasi-online.comRabu, 26 Oktober 2022 | 09:15 WIB


Faizal Hafan Farid. Untuk itu dirinya mendorong pentingnya Pemerintah Kabupaten Bekasi membuat ketersediaan pangan lokal. (20/10/2022)

BANDUNG, bksOL - Ketersediaan pangan lokal dinilai akan mampu memberikan sumbangsih untuk menjaga stabilitas ekonomi nasional di tengah dinamika global.

Hal itu disampaikan Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Faizal Hafan Farid. Untuk itu dirinya mendorong pentingnya Pemerintah Kabupaten Bekasi membuat ketersediaan pangan lokal.

Baca juga: Seberapa Besar Pahala Membaca Satu Huruf dan Satu Ayat AlQuran di Bulan Suci Ramadhan? Ini Hitungannya

“Maka dari itu, ketahanan pangan perlu menjadi fokus untuk ditingkatkan dengan mewujudkan pangan yang berdaulat atau food sovereignty dan mandiri food resilience,” ujar Faizal.


POLLING CALON BUPATI BEKASI 2024

Silakan klik gambar di atas ini untuk ikut memilih siapa Calon Bupati Bekasi 2024 mendatang? (Polling by Pollie of Bekasi-Online.com)


Ketahanan pangan, kata Faizal, bukan hanya menjadi prioritas tapi juga menjadi target kesejahteraan dan pemerataan kesejahteraan masyarakat. Pemerintah daerah diyakini mampu merumuskan dan mengimplementasikan kebijakan penguatan ketahanan pangan nasional.

Dari sisi pembiayaan, dirinya juga menjelaskan bahwa ada program pemerintah pusat yang disiapkan untuk bisa diserap oleh masyarakat. Yaitu program Pemprov dan Pemkab/Pemkot yang menyediakan bantuan Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang dapat diakses oleh pelaku sektor pertanian dengan bunga yang hanya sebesar 3 persen yang digulirkan hingga akhir tahun 2022.

Selain itu, plafon kredit KUR pada tahun 2022 juga ditingkatkan hingga Rp 373,17 triliun dan plafon KUR Mikro (tanpa agunan tambahan) yang sebelumnya di atas Rp 10 juta hingga Rp 50 juta, ditingkatkan menjadi di atas Rp 10 juta hingga Rp 100 juta.

POLLING CALON BUPATI BEKASI 2024

Silakan klik gambar di atas ini untuk ikut memilih siapa Calon Bupati Bekasi 2024 mendatang? (Polling by Pollie of Bekasi-Online.com)



“Pemerintah sudah membantu dengan meningkatkan plafon KUR menjadi sebesar Rp 373,17 triliun pada tahun 2022 sehingga Pemerintah Daerah bisa menggunakan baik untuk pengadaan alsintan maupun korporatisasi daripada pertanian,” jelasnya.

Sedangkan dari aspek kelembagaan, Anggota Komisi II DPRD Jabar ini menjelaskan, ada upaya yang dilakukan pemerintah dengan membentuk Badan Pangan Nasional melalui penerbitan Peraturan Presiden Nomor 66 Tahun 2021.

Lembaga ini diberikan kewenangan terkait pengelolaan cadangan pangan Pemerintah, pelaksanaan kegiatan stabilisasi pasokan dan harga, penguatan sistem logistik pangan, pengentasan wilayah rentan rawan pangan, pengembangan penganekaragaman pangan dan pengembangan potensi pangan lokal.

Faizal menjelaskan, untuk memperkuat Cadangan Beras Pemerintah (CBP), telah diterbitkan kebijakan pembelian gabah atau beras petani oleh Perum BULOG hingga stok CBP mencapai 1,2 juta ton setara beras.

"Penugasan ini ditujukan untuk memperluas kapasitas Perum BULOG dalam menyerap produksi petani pada musim gadu tahun 2022, sekaligus mencegah jatuhnya harga di tingkat petani," ungkapnya.


Reporter: Nurhasanah, Editor: Dik Rizal


Kandidat Calon Walikota Bekasi Heri Koswara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Kandidat Calon Walikota Bekasi, Heri Koswara