contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Survei ICRC; Elektabilitas PAN, Demokrat & PPP Diprediksi Tak Lolos ke Parlemen

Partai yang Dipastikan Lolos ke Senayan Pemilu 2024 adalah PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, NasDem dan PKS

kandidat-kandidat.com, Selasa 21 November 2023, 12:22 WIB, AnggiMuliawati

Direktur Eksekutif ICRC, Hadi Suprapto Rusli (Foto: Anggi/detikcom)

JAKARTA, BksOL - Ide Cipta Research dan Consulting (ICRC) merilis hasil survei elektabilitas partai politik (parpol) menjelang Pemilu 2024. Enam partai diprediksi lolos ke Senayan.

Survei digelar pada 12-16 November 2023 yang melibatkan 1.230 responden. Para responden dipilih melalui stratified random sampling. Metode survei dilakukan dengan wawancara via telepon oleh pewawancara terlatih. Adapun margin of error survei sebesar 2,79% dengan tingkat kepercayaan 95%.

Direktur Eksekutif ICRC, Hadi Suprapto Rusli, mengatakan PDIP diprediksi akan menjadi partai pemenang Pemilu 2024. Selain itu, kata dia, Gerindra, Golkar, PKB, NasDem dan PKS pun diprediksi lolos ke parlemen.

"Hasil survei ICRC, PDIP diprediksikan akan menjadi partai pemenang Pemilu 2024 dan akan mencatat sejarah sebagai partai politik yang bisa hattrick dalam pemilu Indonesia pasca reformasi," kata Hadi dalam paparannya di Hotel Sopyan, Jakarta Pusat, Selasa (21/11/2023).

"Partai yang dipastikan lolos ke Senayan pada Pemilu 2024 adalah PDIP, Gerindra, Golkar, PKB, NasDem dan PKS," sambungnya.

Dia menyebut hal itu lantaran PDIP, Gerindra memiliki kader yang menjadi peserta Pilpres 2024. Begitu pun dengan PKB, NasDem dan PKS yang mengusung salah satu pasangan calon.

Sementara itu, Pratai Demokrat, PAN dan PPP berpotensi tidak lolos ke Senayan. Salah satu penyebabnya karena Demokrat yang selama ini mengusung perubahan memutuskan keluar dari Koalisi Perubahan.

"Demokrat setelah keluar dari koalisi AMIN sulit untuk mempertahankan elektoral karena selama ini branding yang dibangun adalah perubahan. Sedangkan Koalisi Indonesia Maju adalah koalisi partai pemerintah yang mengusung tema lanjutkan pembangunan Jokowi," ucapnya.

Selain itu, kata dia, Demokrat, PAN dan PPP juga gagal mengusung kadernya untuk maju di Pilpres 2024. Menurut Hadi, ketiga partai itu berada di angka krusial yaitu empat persen.

"Empat persen, cukup rawan jika salah langkah dalam sisa waktu masa kampanye. Bisa lolos dan bisa juga terlempar dari Senayan," ujar Hadi.

Sedangkan, Perindo dan PSI diprediksi akan lolos ke DPR. Hal itu lantaran sejumlah alasan, salah satunya karena Kaesang Pangarep, putra bungsu Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menjadi Ketum PSI.

"Naiknya suara PSI tidak lepas dari 'Jokowi Effect' (lihat alasan masyarakat memilih PSI). PSI saat ini terus diasosiasikan sebagai partai Jokowi. Bisa kita cek di alat peraga kampanye, seperti gambar-gambar Kaesang digandengkan dengan foto Jokowi," imbuhnya.

Berikut hasilnya versi survei ICRC:

  1. PDIP 24,2%
  2. Partai Gerindra 15,6%
  3. Partai Golkar 9,2%
  4. PKB 7,8%
  5. Partai NasDem 7,5%
  6. PKS 7,0%
  7. Partai Demokrat 4,7%
  8. Perindo 4,5%
  9. PAN 4,2%
  10. PPP 4,0%
  11. PSI 2,5% [■]
Kandidat Calon Walikota Bekasi Heri Koswara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Kandidat Calon Walikota Bekasi, Heri Koswara