contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Sejarah Singkat Olahraga Futsal Yang Kian Digemari Milenial di Indonesia

Darimana Nama Olahraga Futsal? Dari Nama Olahraga Asli yakni “Futebal de Salao” di Sao Paolo, Brazil Meskipun Pertama Kali Dimainkan di Uruguay.

kandidat-kandidat.com, Minggu 15 Oktober 2023, 22:33 WIB, SR


URUGUAY, BksOL - Seperti yang diketahui sejarah olahraga futsal sebagai olahraga khusus remaja atau pemuda yang usianya di bawah 35 tahun, dimana awalnya adalah permainan ini dimulai pada 1930 di Montevideo, Uruguay, oleh seorang pelatih asal Argentina yang bemama Juan Carlos Ceriani.

Artinya apa? Faktanya kalau futsal itu pertama kali memang diciptakan oleh seorang guru dari Uruguay? Namanya Juan Carlos Ceriani. Awalnya, Futsal dibuat untuk alternatif sepakbola bagi murid-murid di sekolah yang tidak memiliki akses lapangan sepakbola.

Semua berawal dari kemenangan Uruguay di Piala Dunia 1930, yang membuat semua anak-anak dan pemuda Uruguay pengen main sepakbola.


Sejak 1930, futsal menjadi olahraga yang populer di masyarakat Uruguay dan negara-negara Amerika Selatan lainnya.

Tapi, untuk menjadi olahraga yang dimainkan secara profesional dan kompetitif, orang-orang masih terpaku pada sepakbola. Akhirnya, futsal hanya menjadi olahraga kasual yang dimainkan untuk senang-senang di waktu luang.

Sampai di awal 1970-an, lahirlah klub futsal pertama di dunia. Klub itu justru bukan berasal dari Uruguay, tapi dari Brazil.

Futsal dianggap sebagai cara agar sepakbola yang merupakan olahraga favorit bisa tetap diadakan di sekolah meskipun dengan fasilitas yang terbatas.


Karena alasan itu, Joao Lotufo membawa permainan futsal ke Brazil (Brasil) sebagai bagian dari pendidikan jasmani. Ternyata, futsal banyak banget peminatnya.

Sampai orang dewasa juga mau ikut main. Akhirnya, dibuatlah peraturan baru pada tahun 1956 oleh Luiz de Oliveira. Peraturan ini pun diadopsi sama FIFA untuk jadi peraturan resmi futsal yang berlaku di seluruh dunia.

Bisa dibilang, meskipun Uruguay yang menciptakan futsal, perkembangan futsal sampai menjadi olahraga yang diketahui sekarang ini berkat Brasil. Klub futsal pertama di dunia juga lahirnya di sana. Tepatnya di Rio Grande do Sul.


Nama klubnya Associacao Carlos Barbosa de Futsal (ACBF) atau biar lebih mudah sebut aja Carlos Barbosa. Didirikan pada 1973, klub ini merupakan gabungan dari dua klub sepakbola yang mewakili kota Carlos Barbosa di Brasil, yaitu Real Barbosa dan River Barbosa.


Sayangnya, karena Carlos Barbosa itu klub futsal pertama di dunia, dia jadi tak punya lawan. Tapi, Carlos Barbosa bisa membaca masa depan kayaknya, karena lama setelah pendirian klub itu, futsal semakin populer di Brasil dan klub pionir itu mulai menjadi contoh untuk penggiat futsal lainnya.

Kompetisi Futsal semakin banyak diadakan di tingkat Karang Taruna di seluruh daerah di Indonesia. Foto kompetisi futsal tingkat kelurahan Durenjaya, Bekasi Timir, Kota Bekasi Provinsi Jawa Barat Oktober 2023.

Tak heran kalau orang-orang Brasil jago banget main bola, kayaknya sepakbola dan futsal sudah jadi bagian dari kebudayaan mereka.

Catatan kompetitif Carlos Barbosa diwarnai dengan banyak kompetisi nasional kayak Campeonato Gaucho yang merupakan kejuaraan futsal nasional Brasil, Taca Brasil de Futsal dan Liga Nacional de Futsal yang merupakan liga futsal nasional Brasil.

Untuk kejuaraan internasional, Carlos Barbosa sudah mengantongi piala Intercontinental Futsal Cup, dan South American Club Futsal Championship.

Kejuaraan-kejuaraan mereka menangkan tidak cuma sekali. Carlos Barbosa merupakan salah satu klub Futsal dengan piala terbanyak di Brasil dengan 20 piala nasional dan 9 piala internasional. Memang terbukti, jam terbang dan pengalaman itu tak bisa bohong!


Sebutan futsal kali pertama seperti yang sudah dijelaskan memang disebutkan oleh Sang Guru Ceriani pada saat melangsungkan kompetisi remaja YMCA (Red; YMCA atau Young Mena Christian Association adalah organisasi kepemudaan di benua Eropa dan Amerika atau sama dengan Karang Taruna di Indonesia atau mirip dengan organisasi semacam kepanduan atau pramuka di banyak ormas dan LSM) dimana kompetisi olahraga yang berbentuk mirip sepak bola ini terdiri lima lawan lima orang pemain.

Sementara menurut AFC, awalnya permainan ini dilakukan oleh suatu sebab, yaitu ketika sang pelatih harus menjalankan program latihan sepak bola konvesional, tetapi terhambat karena hujan yang lebat.

Kondisi tersebut mengakibatkan tergenangnya lapangan. Kemudian Ceriani memiliki ide yang cemerlang dengan memindahkan latihannya ke dalam sebuah gedung olahraga yang dimainkan dalam lapangan yang relatif kecil seukuran lapangan basket.


Perkembangan futsal yang pesat di Amerika dan Eropa, maka terbentuklah FIFUSA (The Federation Internationale de Futebol de Salao) pada 1974 di Sao Paulo, Brasil. Kemudian pada era 80-an, futsal meluas ke seluruh dunia.

Akhirnya pada 1989, FIFA memutuskan mengambil alih futsal dan menciptakan peraturan baru yang berbeda dengan peraturan versi FIFUSA.

Dengan adanya perbedaan ini dan pengambilalihan futsal oleh FIFA membuat keberadaan FIFUSA menjadi seperti tidak ada sehingga pada era sekarang lebih mengenal aturan yang dibuat FIFA (Federation Internationale de Football Association).

Sementara, permainan futsal masuk ke Indonesia pada 1998-1999. Namun, baru tahun 2000-an, futsal mulai dikenalkan kepada kalangan masyarakat Indonesia. Kemudian pada 2002, AFC meminta Indonesia untuk menggelar kejuaran Piala Asia.

Di Indonesia, futsal merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari PSSI (Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia). Futsal dulunya berada di bawah naungan BFN (Badan Futsal Nasional), yaitu suatu badan yang sudah membangun dan mengembangkan futsal di Indonesia.

Namun, pada 2014, BFN tidak menjadi badan yang bertanggung jawab lagi dalam futsal di Indonesia, melainkan dibentuk asosiasi baru bernama Asosiasi Futsal Indonesia (AFI). Namun, AFI masih di bawah PSSI.

AFI memiliki tugas yang sama seperti BFN, yaitu membangun dan mengembangkan futsal di Indonesia. AFI pun meneruskan liga yang sudah dibentuk oleh BFN sejak tahun 2006.

Liga yang awalnya bernama Indonesian Futsal League (IFL) berubah menjadi Futsal Super League (FSL) dan sampai sekarang diganti menjadi Pro Futsal League (PFL).

Selain menggelar liga professional, AFI juga menggelar liga amatir di setiap daerah, liga mahasiswa dan liga pelajar. Di gelarnya liga tersebut dengan maksud sebagai program pembinaan para atlit futsal yang nantinya diproyeksikan ke level yang lebih tinggi.

Perkembangan futsal di Indonesia dapat dikatakan maju, hal itu di buktikan dengan prestasi-prestasi di tingkat internasional.

Dimana cabang olahraga ini termasuk olahraga tim seperti sepakbola namun tetap menguras energi luar biasa tentunya tidak membutuhkan lapangan sebesar lapangan bola dan juga membutuhkan biaya latihan yang lebih murah daripada sepakbola.

Setidaknya olahraga futsal tetap membutuhkan lapangan latihan tanding yang hampir sama luasnya dengan luas lapangan bola basket atau dua kali ukuran lapangan badminton setidaknya.

Jika Brasil saja bisa jadi termasuk negara di dunia yang paling sering juara Puala Dunia, karena kebiasaan olahraga Futsal, maka Indonesia sepertinya akan bangkit dari olahraga kecil namun tetap menguras keringat ini bisa punya masa depan yang cerah buat meraih Puala Dunia Sepakbola? Jika perkembangan dan prestasi olahraga Futsal semakin meningkat dan penggemar serta atlet futsal semakin subur menjamur, siapa yang tahu? Semoga! [■]

Reporter: TimRedaksi, Redaktur: DikRizal
Kandidat Calon Walikota Bekasi Heri Koswara

Post a Comment

Silakan beri komentar yang baik dan sopan

Lebih baru Lebih lama
Kandidat Calon Walikota Bekasi, Heri Koswara