contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Nasi Lemak Bekasi Mpok Meiwa

NASI LEMAK KHAS MELAYU HADIR BEKASI

NGAPAIN PERANG SAMA MALAYSIA, MENDING SIKAT AJA NASI LEMAKNYA


Perumnas III Bekasi kulinerkuliner.com

SEBENARNYA makanan khas Bekasi sudah begitu banyak hadir dalam beberapa tahun terakhir ini. Namun yang paling umum adalah menu makanan khas sederhana yang begitu akrab dengan lidah warga Bekasi yang memang kebanyakan dari warga pendatang ini.







Sebutlah nasi uduk, pecel lele, hingga ayam goreng sampai ayam bakar termasuk bebek goreng. Semua makanan khas orang Indonesia ini secara bersamaan marak dijual di beberapa wilayah Kota Bekasi dan Kabupaten Bekasi seperti halnya beberapa makanan khas tradisional Bekasi seperti Gabus Pucung, Pecak Bandeng atau Pecak Gurame dan tentunya Dodol Bekasi.



Kalau kita bicara nasi uduk, maka tak luput ia sebagai salah satu makanan favorit orang Bekasi. Cuma kali ini liputan kita bukannya tentang nasi uduk yang dijajakan hampir di seratus tempat lebih di wilayah Bekasi. Ada satu jajanan lengkap yang buka dari jam 4 sore hingga jam 3 dini hari. Wow masuk kategori makanan malam dan ronda neh!? Nama warungnya pun lumayan unik dan gampang diingat, yakni NASI LEMAK BEKASI. Hmmm pasti perpaduan budaya Melayu dengan budaya lokal.



Nasi lemak adalah jenis makanan khas Malaysia dan Singapura. Makanan ini biasa dihidangkan untuk sarapan pagi. Nasi lemak merujuk kepada nasi yang dimasak dengan menggunakan santan kelapa untuk menambah rasa gurih. Kadangkala daun pandan dimasukkan semasa nasi lemak dimasak bagi menambahkan aromanya.


Nasi lemak biasanya dihidangkan dengan telur, timun, ikan bilis goreng dan sambal. Tetapi kini nasi lemak dijual dengan berbagai lauk yang termasuk tetapi tidak terhadap kepada daging, ayam, sotong, udang, limpa, dan hati (lembu).



Di Jakarta nasi lemak dikenal dengan nama nasi uduk sedangkan di Jawa Tengah dengan nama sega liwet atau nasi liwet. (sumber: wikipedia bahasa Indonesia)



Nasi Lemak Bekasi menyajikan menu utama berupa nasi leak yang tak beda jauh dengan nasi uduknya orang Indonesia. Bila nasi lemak yang aslinya ada di Malaysia dibuat dengan beras dan santan kental serta garam, maka Nasi Lemak ala Bekasi ini ditambah dengan batang sereh dan daun salam. Jadi persis nasi uduknya orang Bekasi. Kelezatan yang dihasilkan nasi lemak ini pun jauh lebih gurih daripada nasi lemak yang pernah dirasakan oleh Meiwa saat dia bekerja sebagai TKW di Malaysia.



Pemilik warung Nasi Lemak Bekasi ini adalah Meiwa yang sering disapa Bu Mewah (maklumlah lidahnya orang Bekasi keseleo ngucapin nama oriental Meiwa). Meiwa memang punya darah keturunan Cina. Semenjak bekerja di negeri jiran itu, Meiwa memang selalu mencari makanan yang biasa ia rasakan selama di Indonesia, dan nasi lemak adalah salah satu pilihan favoritnya karena sangat mirip dengan nasi uduknya orang Indonesia.



"Bedanya kalau nasi lemak ala Malaysia, mereka tidak menggunakan daun salam dan batang sereh. Biasanya nasi lemak hanya menggunakan santan kental dan garam," ungkap Meiwa, perempuan yang telah beranak dua ini. "Meski terasa gurih, kami tidak menggunakan mecin (vetsin) sama sekali cuma garam dapur biasa saja," tambah Meiwa.



Untuk lauk pauknya pun, Nasi Lemak jauh lebih bervariasi dibandingkan dengan nasi uduk pada umumnya. Nasi lemak bekasi ini menawarkan pilihan lauk di samping sambal kacang atau sambal terasicabe merahnya. Misalnya ayam goreng yang utuh satu potong, kemudian sambal goreng kentang, ikan tongkol. telor balado atau semur jengkol yang terkadang lebih sering dengan rendang jengkol. Menu lauk standarnya pun sebenarnya tak beda jauh, misalnya bihun goreng, goreng tempe atau tahu, atau gorengan bakwan. Tapi yang paling berkesan adalah Rendang Jengkol... hmmm Nasi lemak plus Rendang Jengkol pasti mantab banget Bro and Sis.



"Per porsi nasi lemak ini kami jual cuma Rp 4.000,- komplit dengan sambal kacang atau sambal terasi ditambah dengan bihun dan rendang jengkol." tutur Meiwa yang kini sedang dibantu suaminya pak Adi. "Bila ditambah ayam goreng maka harganya hanya Rp 8.000,-" imbuhnya lagi. Bila ingin tambahan lauk, seperti tempe goreng, tahu goreng atau bakwan goreng cuma Rp 1.500,- per potongnya. Hmmm mantap juga neh.



Bila Anda tinggal di kawasan Perumnas Bekasi dan hendak mencari makanan malam yang beda dari biasanya, cobalah Nasi Lemak Bekasi yang ada di jalan raya Rajawali Raya atau bisa menghubungi nomor telepon (032) 9238.6127. Sepertinya bu Meiwa juga menyanggupi pemesanan antar untuk acara prasmanan pesta dan lainnya, karena ia pernah menerima orderan pemesanan Nasi Lemak hingga 1500 porsi. Bahkan Meiwa pun pernah menyediakan hinga 3000 bungkus nasi lemak buat sebuah acara keluarga.



Anda tertarik ingin menikmati lezat dan gurihnya masakan asli khas Malaysia, Nasi Lemak. Hanya ada di sini di Perumnas III, Kota Bekasi. Untuk kerjasama pembuatan waralaba Nasi Lemak, hubungi hanya di nomor (021) 9346.1965 atau (021) 932.74925.


Sidik Rizal - bukankelanakuliner.com
Kandidat Calon Walikota Bekasi Heri Koswara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Kandidat Calon Walikota Bekasi, Heri Koswara