contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Daftar 16 Kepala Daerah di Jabar yang Berakhir Masa Jabatan di 2023

Sejumlah Kepala Daerah di Jawa Barat Bakal Habis Masa Jabatannya di tahun 2023 ini.

bekasi-online.com, Kamis, 18 Mei 2023, 15:41 WIB, BimaBagaskara

Gedung Sate (Foto: Rifat Alhamidi/detikJabar).


BANDUNG, bksOL - Seperti yang dilansir di detikJabar, tercatat ada 16 kepala daerah termasuk Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang bakal melepas jabatannya. Asisten Daerah Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Jabar Dedi Supandi mengatakan, masa jabatan kepala daerah yang berakhir diawali dengan Kabupaten Bekasi pada 23 Mei 2023 nanti.

Baca juga: Analisa GusChoy tentang Capres Paling Lemah untuk Bisa Digagalkan ini Bikin Heboh Para Relawan Capres Se-Indonesia.

Berikutnya berturut bakal selesai di bulan September, Oktober, November hingga Desember. Termasuk jabatan gubernur yang bakal habis pada 5 September nanti.

"Kabupaten kota itu 15 ada yang selesai, bulan Mei satu orang, September 5 orang, Oktober satu orang, November satu orang dan Desember 6 orang dan kalau ditotal dengan provinsi 16, karena provinsi di bulan September selesai," kata Dedi, Rabu (17/5/2023).


Dedi menuturkan, nantinya Pemprov Jabar bakal mengusulkan tiga nama untuk jadi Penjabat (Pj) bupati maupun wali kota yang habis masa jabatannya. Namun menurut Dedi, keputusan tetap ada di di Kementerian Dalam Negeri. Termasuk usulan nama untuk Pj Bupati Bekasi.

"Habis bulan Mei sudah diajukan, yaitu Bekasi, tiga nama sampai saat ini hasil yang ditetapkan siapa belum turun dari kementeriannya," ucapnya.

Baca juga: Ini Rekam Jejak Kinerja & Prestasi Anies Baswedan sebagai Mantan Gubernur DKI Yang Disembunyikan oleh Buzzer Istana


Sedangkan untuk kepala daerah yang habis masa jabatannya pada bulan September 2023, kata Dedi, nantinya akan diusulkan pada bulan Agustus. Adapun usulan pengganti gubernur nantinya akan dilakukan oleh DPRD Jabar.


"Usulannya DPRD Jabar sama aja tiga nama nanti caranya pola rapat konsultasi pimpinan dan menyerap dari praksi praksi kira-kira tiga nama siapa bisa ke DPRD. Kalau berakhir September, data dari kementrian dan Juni ini sudah ada pengajuan karena poses tidak hanya satu," ujar Dedi dia.

Berikut daftar lengkap 16 kepala daerah di Jabar yang habis masa jabatannya:

1. Selasa 23 Mei 2023
- Kabupaten Bekasi

2. Minggu 22 Oktober 2023
- Kota Cimahi

3. Selasa 14 November 2023
- Kota Tasikmalaya

4. Selasa 5 September 2023
- Gubernur Jawa Barat

5. Rabu 20 September 2023
- Kota Bekasi
- Kota Bandung
- Kota Sukabumi
- Kabupaten Bandung Barat
- Kabupaten Sumedang
- Kabupaten Purwakarta

6. Senin 4 Desember 2023
- Kota Banjar
- Kabupaten Kuningan

7. Selasa 12 Desember 2023
- Kota Cirebon

8. Selasa 19 Desember 2023
- Kabupaten Subang
- Kabupaten Majalengka

9. Sabtu 30 Desember 2023
- Kabupaten Bogor [■]

Editor: DikRizal

Kandidat Calon Walikota Bekasi Heri Koswara

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Kandidat Calon Walikota Bekasi, Heri Koswara