contoh iklan header
Pasang Iklan Running Text Anda di sini atau bisa juga sebagai iklan headliner di atas (600x100)px

Analisis di Medsos Twitter/X Debat 4 Cawapres 2024

Analisis Debat Ke-4, Cawapres PEMILU 2024 (21/1/2024) Antara Gus Imin, Mas Gibran dan Prof Mahfud MD

kandidat-kandidat.com, Minggu 21 Januari 2024, 23:02 WIB, Ismail Fahmi

JAKARTA, BksOL - Grafik ini menampilkan analisis sentimen dari percakapan di Twitter atau media sosial yang ditandai dengan "X" untuk tiga calon wakil presiden (cawapres) pada tanggal 21 Januari 2024 dari jam 19:00 hingga 22:00.


Berikut adalah analisis dari masing-masing cawapres:

Muhamin Iskandar: Sentimen positif sangat mendominasi percakapan tentang Muhamin Iskandar, dengan 80% percakapan yang mengarah ke arah yang baik. Hanya 6% yang negatif dan 14% yang netral. Ini menunjukkan bahwa Muhamin Iskandar memiliki dukungan yang sangat kuat dan citra yang positif di media sosial pada periode waktu tersebut.


Gibran Rakabuming: Percakapan tentang Gibran Rakabuming memiliki sentimen yang sangat berbeda dibandingkan dengan Muhamin Iskandar. Sebanyak 60% dari percakapan adalah negatif, 33% positif, dan hanya 7% yang netral. Ini menunjukkan adanya sentimen yang kurang menguntungkan atau permasalahan yang mungkin sedang dihadapi oleh Gibran Rakabuming di media sosial selama jangka waktu yang ditentukan.

Baca juga: Blunder Perilaku Gibran Celingak-Celinguk di Podium Debat, Netizen: Dikira Lucu Kali Bertingkah Seperti Itu? Kliatan Melawak dengan Cara Begok Iya!

Mahfud MD: Meskipun jumlah penyebutannya lebih sedikit seperti yang dilihat pada grafik volume sebelumnya, sentimen untuk Mahfud MD mayoritas positif, dengan 79% percakapan yang mendukung, 12% negatif, dan 9% netral. Hal ini menunjukkan bahwa walaupun eksposur medianya lebih rendah, pandangan terhadap Mahfud MD cenderung positif di antara mereka yang berbicara tentangnya.

Baca juga: Wadaw, Foto Paslon Ganjar-Mahfud Tidak Ada dalam Surat Suara Saat Simulasi Pencoblosan di Solo, TPN Bereaksi...

Kesimpulan: Analisis sentimen menunjukkan gambaran yang berbeda dari yang ditunjukkan oleh volume percakapan. Meskipun Muhaimin Iskandar dan Gibran Rakabuming memiliki volume percakapan yang hampir sama, sentimen mereka berbeda secara signifikan, dengan Muhamin mendapatkan pandangan yang sangat positif dan Gibran mendapatkan pandangan yang mayoritas negatif.

Sementara itu, Mahfud MD, meskipun memiliki volume percakapan yang lebih rendah, memiliki pandangan yang mayoritas positif yang menunjukkan kualitas daripada kuantitas dalam hal sentimen online. Ini menunjukkan pentingnya tidak hanya jumlah penyebutan tetapi juga kualitas percakapan yang terjadi di media sosial.


METODOLOGI
• Source: Twitter/X
• Periode data: 21 Januari 2024 (19:00-22:00 WIB)
• Keywords: menggunakan daftar keyword seperti dalam tabel ini.



TREN TOTAL MENTION CAWAPRES

Grafik ini menunjukkan tren jumlah penyebutan tiga calon wakil presiden (cawapres) dalam semua jenis media pada tanggal 21 Januari 2024, dari jam 19.00 hingga 22.00. 

Berikut adalah analisis dari grafik tersebut:
Muhamin Iskandar (Cawapres 01): Dimulai dengan jumlah penyebutan yang rendah pada jam 19.00, kemudian mengalami peningkatan signifikan dan mencapai puncaknya pada jam 20.00 dengan 63,479 penyebutan. Setelah itu, terdapat penurunan yang cukup stabil hingga jam 22.00 dengan jumlah penyebutan sebanyak 53,579.

Gibran Rakabuming (Cawapres 02): Penyebutan terhadap Gibran memulai dengan angka yang tinggi pada jam 19.00 dan terus mengalami peningkatan hingga jam 21.00, menjadi yang paling banyak disebut dengan 74,664 penyebutan. Namun, terdapat penurunan tajam setelahnya hingga jam 22.00 dengan jumlah penyebutan sebesar 64,359.

Mahfud MD (Cawapres 03): Mulai dengan jumlah penyebutan yang paling rendah di antara ketiganya pada jam 19.00. Jumlah penyebutan terus bertambah hingga mencapai puncaknya pada jam 20.00 dengan 47,569 penyebutan. Sama seperti cawapres lainnya, Mahfud MD juga mengalami penurunan jumlah penyebutan setelah puncaknya, berakhir pada 29,699 penyebutan pada jam 22.00.


VOLUME PERCAKAPAN

Grafik volume percakapan ini menampilkan total penyebutan oleh tipe media untuk tiga calon wakil presiden (cawapres) selama periode satu hari, yaitu 21 Januari 2024. 

Berikut analisisnya:
Dengan total 141,293 penyebutan, Muhaimin Iskandar mendapatkan porsi sebesar 40% dari total volume percakapan yang tercatat. Ini mengindikasikan tingkat perhatian yang tinggi dari media terhadap Muhamin Iskandar pada hari tersebut.

Video tentang Debat 4 Cawapres 2024 antara Cak Imin, Mas Gibran dan Pak Profesor Mahfud, Ahad (21/1/2024).

Gibran Rakabuming juga memiliki 40% dari total volume percakapan, dengan total penyebutan sedikit lebih tinggi yaitu 142,469. Ini menunjukkan bahwa Gibran Rakabuming memiliki tingkat keterpaparan media yang hampir sama dengan Muhamin Iskandar pada tanggal tersebut.

Total penyebutan Mahfud MD adalah 71,647, yang merupakan 20% dari keseluruhan percakapan. Jumlah ini menunjukkan bahwa Mahfud MD memiliki tingkat perhatian yang signifikan lebih rendah dari media dibandingkan dengan dua cawapres lainnya pada hari itu.



MOST RETWEETED: MUHAIMIN ISKANDAR

Rangkuman dari empat tweet teratas yang berkaitan dengan Muhamin Iskandar pada 21 Januari 2024 adalah sebagai berikut:

Tweet dari @tijabar: Menampilkan kutipan dari Muhaimin Iskandar yang dijuluki "Gus Imin" dengan sebuah respons yang tampaknya cerdas dan berwibawa selama debat cawapres, mengomentari catatan yang bukan dari Mahkamah Konstitusi. Ini menunjukkan penampilan yang baik di debat dan mendapat respon positif dengan 34,3 ribu suka.


Tweet dari @nabilyarisfa: Kritik terhadap Gibran Rakabuming yang mencoba mempermalukan Muhaimin Iskandar, menyarankan bahwa usaha tersebut justru mempermalukan Gibran sendiri. Tweet ini sangat populer dengan 46,7 ribu suka, menunjukkan bahwa publik mungkin tidak menyukai taktik Gibran selama debat tersebut.


Tweet dari @akunyakul: Mengomentari pernyataan dari Muhaimin Iskandar yang tampaknya menyebabkan reaksi kuat dari audiens, menyiratkan bahwa pendukungnya sangat antusias. Tweet ini mendapat 35,1 ribu suka.


Tweet dari @margianta: Mengutip candaan tajam dari Muhaimin Iskandar dengan menyinggung BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial di Indonesia) dengan cara yang cerdas, menunjukkan bahwa Gus Imin berhasil membuat "burn" atau sindiran yang tajam selama debat. Ini mendapat 17,1 ribu suka dan banyak balasan, menunjukkan apresiasi publik terhadap kecerdasan dan kemampuan berdebatnya.





Kandidat Calon Walikota Bekasi Heri Koswara

Post a Comment

Silakan beri komentar yang baik dan sopan

Lebih baru Lebih lama
Kandidat Calon Walikota Bekasi, Heri Koswara